Apa itu Konten YMYL? Pengertian, Contoh, Manfaat & Cara Optimasinya

apa itu konten ymyl

Bincangblog.com – Dalam dunia SEO, mungkin tidak asing lagi dengan istilah YMYL. Istilah tersebut sering sekali muncul sebagai salah satu elemen yang wajib dipahami untuk meningkatkan peringkat halaman website di SERP.

Lantas, bagaimana cara menerapkan YMYL? Dalam artikel ini, kita akan kupas tuntas seputar apa itu konten YMYL, mulai dari pengertiannya, contoh konten, urgensi, perannya dalam SEO, penggunaan EAT, serta tips untuk menerapkan YMYL dengan tepat.

Apa Itu YMYL?

YMYL sendiri adalah singkatan dari “Your Money or Your Life”. Konsep ini memiliki pengaruh yang signifikan terhadap cara mesin pencari seperti Google menilai dan melakukan pengurutan peringkat pada halaman website.

YMYL digunakan oleh Google sebagai panduan untuk menilai kualitas konten yang memiliki dampak signifikan terhadap keputusan finansial, kesehatan fisik atau mental, dan aspek penting lainnya dalam hidup pengguna.

Maka dari itu, konten ini dapat memberikan pengaruh terhadap kesejahteraan dan keselamatan pengguna serta keputusan mereka yang memiliki implikasi terhadap finansial atau kualitas hidup.

Contoh Konten YMYL

Sebuah konten dapat dikatakan sebagai YMYL apabila memenuhi beberapa kategori yang telah ditetapkan oleh Google.

Berikut contoh konten yang dikategorikan sebagai YMYL:

  • Kesehatan: Konten ini biasanya membahas tentang penyakit tertentu, gejala medis, pengobatan, dan perawatan.
  • Keuagan: Konten dapat diklasifikasikan pada kategori ini apabila memberikan nasihat tentang perencanaan keuangan, investasi, atau perencanaan pensiun maupun ulasan produk keuangan.
  • Hukum: Website ini menjelaskan prosedur hukum, hak-hak hukum, dan memberikan saran hukum.
  • Pendidikan: Konten ini biasanya berupa blog atau platform diskusi yang membahas karir, peluang pekerjaan, atau pendidikan lanjutan.
  • Sumber Berita: Kategori YMYL ini berupa artikel berita yang membahas isu-isu kesehatan global, perubahan regulasi, atau peristiwa keuangan yang signifikan.

Mengapa Konten YMYL Penting?

Konten yang termasuk dalam kategori YMYL berkaitan langsung dengan aspek kehidupan pengguna, seperti kesehatan fisik dan mental, keuangan, serta keamanan pribadi.

Berdasarkan hal tersebut, Google menerapkan standar tinggi terhadap konten yang menyajikan informasi tentang topik-topik YMYL.

Hal ini perlu dilakukan mengingat saat ini sebagian besar pengguna semakin terkoneksi dan bergantung pada informasi yang mereka ditemukan di internet.

Di samping itu, konten YMYL juga mempunyai dampak langsung terhadap kualitas user experience secara keseluruhan.

Konten yang berkualitas rendah memiliki konsekuensi serius bagi pengguna. Misalnya, informasi yang salah tentang kesehatan atau finansial dapat berdampak negatif pada keputusan dan tindakan seseorang.

Untuk mencegah hal tersebut, Google akan memastikan konten YMYL yang muncul di hasil pencarian bisa memberikan manfaat dan dapat diandalkan oleh pengguna.

Google sendiri juga berfokus untuk memberikan peringkat teratas kepada konten YMYL yang memenuhi kriteria.

Hal ini sejalan dengan tujuan mereka untuk memberikan pengalaman pencarian yang lebih baik dan informasi bermanfaat bagi pengguna.

Dengan mengidentifikasi dan memprioritaskan konten YMYL yang berkualitas tinggi, Google dapat membantu pengguna membuat keputusan yang lebih baik.

Peran Konten YMYL dalam SEO

Google mempunyai algoritma pencarian yang mampu mengidentifikasi konten YMYL. Tujuannya adalah untuk memastikan informasi yang disajikan kepada pengguna paling dapat dipertanggungjawabkan dan terpercaya.

Konten yang masuk dalam kategori YMYL akan diperiksa berdasarkan beberapa faktor seperti keakuratan, keabsahan, otoritas sumber, dan kredibilitas.

Oleh karena itu, mesin pencari memprioritaskan konten YMYL yang memiliki sumber yang terpercaya dan diakui dalam bidangnya untuk ditempatkan di peringkat teratas pada halaman pencarian.

Dalam hal ini, keberadaan konsep ini akan mendorong pemilik website untuk menghasilkan konten yang lebih berkualitas dan bermanfaat.

Konten YMYL berkualitas tinggi dapat memberikan insight akurat dan bermanfaat bagi pengguna yang mencari informasi tentang kesehatan, keuangan, dan sebagainya.

Dengan memahami pentingnya konsep ini, para pembuat konten akan lebih cermat dalam menyajikan informasi yang akurat dan dapat diandalkan. Selain itu, YMYL juga berperan untuk memberikan pemahaman mengenai urgensi integritas dan kualitas dalam menghasilkan konten.

Website akan memiliki reputasi baik, menarik pengunjung yang lebih banyak, dan meningkatkan kepercayaan pengguna apabila fokus menyajikan konten-konten berkualitas.

Penggunaan EAT di YMYL

EAT adalah singkatan dari “Experience, Expertise, Authority, Trustworthiness”. Konsep ini merupakan faktor penting dalam penilaian kualitas konten YMYL oleh Google.

Berikut penjelasan lengkap masing-masing elemen EAT dan penggunaannya dalam konten YMYL:

1. Experience

Elemen ini merujuk pada latar belakang, pengetahuan, dan insight praktis dari penulis atau sumber informasi. Keberadaan experience dalam YMYL merupakan hal yang sangat vital.

Hal ini disebabkan karena konten YMYL harus berasal dari individu atau entitas yang memiliki pemahaman yang cukup dalam di bidang yang diulas.

Misalnya, penulis harus memiliki latar belakang medis yang relevan atau pengalaman dalam bidang kesehatan jika ingin membuat artikel dengan topik pengobatan medis.

2. Expertise

Ketika membuat konten YMYL, Kalian harus memperjelas profil, pengalaman, hingga aktivitas yang dilakukan untuk menginformasikan tingkat pemahaman terhadap sebuah topik.

Hal tersebut perlu dilakukan karena konten ini harus berasal dari sumber yang memiliki keahlian pada topik yang dibahas. Alhasil, informasi yang disajikan akan akurat.

Sebagai contoh, konten tentang perencanaan keuangan akan menghasilkan insight secara komprehensif apabila ditulis oleh brainware yang memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman dalam bidang ahli atau konsultan keuangan.

3. Authority

Authority mencakup status, reputasi, dan pengakuan yang diberikan oleh komunitas atau industri tertentu.

Konten YMYL seharusnya datang dari sumber yang memiliki otoritas atau reputasi yang baik. Dengan begitu, informasinya dapat dipertanggungjawabkan ketika disampaikan ke pengguna.

Di samping itu, konten yang memiliki sumber dari otoritas terpercaya cenderung berpengaruh dalam memberikan informasi yang akurat.

4. Trustworthiness

Konten YMYL harus berasal dari sumber terpercaya dan didukung oleh bukti atau referensi yang kuat. Google sendiri mempertimbangkan untuk menampilkan konten yang mempunyai sumber terpercaya, sehingga informasi yang disajikan akurat dan tidak membingungkan.

Sumber konten harus transparan, tidak memiliki motif tersembunyi, dan memberikan informasi yang mendukung tanpa memicu keraguan.

Cara Optimasi Konten YMYL

Perlu kalian ketahui bahwa konten YMYL memiliki dampak langsung kepada pengguna. Oleh karena itu, Google sangat berhati-hati dalam melakukan penilaian terhadap konten tersebut.

Agar mendapatkan penilaian yang bagus, Kalian perlu mengetahui cara menerapkan konten ini dengan tepat.

Berikut beberapa di antaranya:

1. Membuat User Generated Content

UGC (User Generated Content) merupakan konten yang dihasilkan dari pengguna, seperti blog, ulasan, testimoni, dan pengalaman pribadi.

UGC akan melalui proses review oleh Google untuk memastikannya akurat dan berkualitas tinggi.

Agar konten UGC kalian mendapatkan penilaian yang baik, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membuatnya:

  • Selalu up to date.
  • Terorganisir dengan baik dan mudah dimengerti.
  • Membahas topik secara komprehensif.
  • Layak diberitakan atau menambahkan insight baru.
  • Referensi berasal dari sumber terkemuka.
  • Bebas dari link berisi spam atau afiliasi.

2. Menghubungkan Konten ke Resource Eksternal yang Relevan

Google cenderung menampilkan konten YMYL yang akurat dan kredibel kepada penggunanya. Mengarahkan link ke website otoritas tinggi merupakan cara yang efektif untuk membangun kredibilitas.

Pasalnya, sumber-sumber otoritatif dan relevan dapat memperkuat argumen dan memberikan dukungan pada informasi yang disajikan.

Hal ini akan membantu pengguna dalam mengeksplorasi lebih dalam mengenai topik yang diulas.

3. Menerapkan SEO On-Page

Optimasi SEO On-Page merupakan langkah penting untuk membuat konten YMYL mudah ditemukan oleh mesin pencari dan lebih terorganisir.

SEO On-Page berperan penting dalam membentuk fondasi yang kuat bagi website untuk membangun konten. Pasalnya, algoritma Google lebih mudah memahami isi dan audiens yang dituju sebuah website melalui elemen ini.

Apabila kalian ingin menerapkan SEO on-page pada website, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan:

  • Mobile friendly.
  • Keyword di awal title tag.
  • Internal link.
  • Konten yang komprehensif.
  • Keamanan domain HTTPS.
  • URL yang optimal.
  • Kecepatan website.

Salah satu bagian terpenting dalam strategi SEO adalah link building. Maka dari itu, pastikan kalian hanya menautkan link website yang memiliki reputasi baik dan relevan dengan topik konten kalian.

Dengan begitu, kalian akan mendapatkan backlink berkualitas yang mampu meningkatkan otoritas konten di mata mesin pencari.

Di samping itu, link building juga membantu menciptakan keunggulan kompetitif daripada kompetitor.

Pada tahun 2011, Google merilis elemen “freshness” pada algoritma mereka. Elemen ini membuat Google meningkatkan intensitas crawling dan mengkategorikan topik-topik tertentu.

Sebagian besar konten YMYL dipengaruhi oleh elemen “freshness”. Semakin up-to-date dan akurat konten kalian , semakin tinggi pula peringkatnya di SERP.

Untuk mencapai hal tersebut, terdapat beberapa cara yang bisa kalian lakukan, di antaranya:

  • Mengidentifikasi topik konten yang perlu diperbarui lebih teratur. kalian bisa melakukannya dalam rentang 3 sampai 6 bulan sekali.
  • Menggunakan aplikasi pengingat otomatis untuk memperbarui setiap konten pada waktu yang telah ditentukan.

Google mempunyai sebuah pedoman bernama Search Quality Evaluator Guidelines. Dalam pedoman tersebut dijelaskan sebuah konsep yang disebut “needs met”.

Konsep ini menjelaskan bahwa pengunjung website ingin mendapatkan informasi yang mereka inginkan, atau biasa dikenal sebagai search intent.

Dari sini, kalian perlu memahami maksud dari setiap pencarian kata kunci untuk menyediakan konten yang diinginkan pembaca kalian .

Search intent sendiri terbagi dalam tiga jenis, yaitu:

  • Informasi: Dalam pencarian ini, pengguna ingin mempelajari suatu hal.
  • Investigasi komersial: Melalui pencarian ini, pengguna sedang mempelajari suatu produk atau jasa sebelum melakukan, mempelajari sehingga mereka dapat segera membeli.
  • Transaksional: Pengguna siap melakukan pembelian.

6. Tidak Melakukan Teknik Monetisasi Berlebihan

Jika website kalian memiliki unsur monetisasi, pastikan hal tersebut tidak mengganggu user experience. Kalian perlu memberikan insight secara komprehensif melalui konten YMYL terlebih dahulu kepada pengguna sebelum memasukkan elemen monetisasi.

7. Optimasi Keyword

Riset keyword adalah langkah krusial dalam melakukan optimasi konten. Keberadaan keyword yang relevan dan dicari oleh pengguna pada konten YMYL akan membuatnya sering muncul dalam hasil pencarian organik.

Kalian bisa menggunakan keyword pada title tag, meta description, dan tag header. Pastikan juga untuk tidak menggunakan secara berlebihan karena bisa terdeteksi manipulasi oleh mesin pencari.

8. Membuat Struktur URL yang Relevan

Kemudahan pengguna dalam bernavigasi di website ditentukan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah struktur URL.

Struktur URL yang terorganisir dan relevan membantu mesin pencari dan pengguna memahami hierarki konten kalian. Oleh karena itu, kalian perlu mengoptimasi struktur URL dengan menyisipkan keyword dan menghindari penggunaan karakter yang rumit.

9. Pastikan Website Mobile Friendly

Saat ini, perangkat mobile menjadi device andalan bagi sebagian besar pengguna untuk mengakses internet. Maka dari itu, keberadaan website mobile friendly menjadi sangat penting.

Kalian perlu memastikan website dapat responsif dan mudah diakses dengan baik melalui berbagai perangkat.

10. Gunakan SSL

Bagi konten YMYL, keamanan website merupakan hal yang esensial. Website dengan keamanan yang baik akan terlindung dari dari ancaman keamanan.

Kalian bisa memberikan lapisan perlindungan di website dengan menggunakan protokol HTTPS dan enkripsi SSL yang valid. Alhasil, basis data dan informasi sensitif pengguna bisa terlindungi dengan optimal.

11. Buat Sitemap XML

Sitemap XML adalah elemen yang digunakan oleh Google untuk membantu memahami struktur website dan melakukan indexing konten dengan lebih baik.

Sedikit tips untuk kalian, gunakan tool Google Search Console atau Sitemap XML Generator untuk meningkatkan peluang konten YMYL muncul di SERP.

12. Gunakan Schema Markup

Apabila kalian ingin menampilkan informasi tambahan, seperti rating, ulasan, harga produk, dan lainnya, maka gunakan schema markup.

Elemen ini berupa kode yang ditambahkan ke konten untuk membantu mesin pencari memahami jenis informasi yang disajikan.

Melalui schema markup, tampilan konten YMYL akan berada di peringkat teratas hasil pencarian dengan menampilkan rich snippets.

Kesimpulan

Demikian pembahasan seputar mengenai konten YMYL, mulai dari pengertian, contoh konten, urgensi, perannya dalam SEO, penggunaan EAT, serta tips menerapkannya dengan tepat.

Dengan membuat konten YMYL, kalian dapat meningkatkan kualitas website dan mendapatkan keuntungan dalam strategi SEO.

Bagi sebuah bisnis, strategi SEO harus dilaksanakan secara menyeluruh dan sistematis agar bisa mendapatkan organic traffic berkualitas, visibilitas online, dan kepercayaan pelanggan.

Apabila kalian mengalami kesulitan ketika membuat strategi optimasi mesin pencari, kalian bisa juga menggunakan Jasa SEO terpercaya agar website kalian dapat dimonitor secara keseluruhan guna memperoleh hasil optimasi yang maksimal di SERP.