Cara Menonaktifkan Inspect Element di Blog dengan JavaScript

Cara Menonaktifkan Inspect Element di Blog

Bincangblog.com, Cara Menonaktifkan Inspect Element di BlogInspect Element sendiri merupakan salah satu fitur bawaan yang ada disetiap browser dengan tujuan untuk mengetahui struktur kode seperti CSS, HTML dan Java Script yang ada pada sebuah blog.

Dengan menggunakan inspect element ini, maka akan memudah kita untuk mengetaui atau meniru suatu kode blog, seperti apa saja CSS yang digunakan, hingga bisa mengetahui nama template yang digunakan oleh blog tersebut.

Apa Itu Inspect Element?

Inspect Element adalah fitur yang tersedia di hampir semua browser desktop seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari, dan lainnya.

Fitur ini memungkinkan kita untuk melihat dan mengedit kode HTML, CSS, dan JavaScript dari suatu halaman web secara langsung.

Sehingga, dengan Inspect Element, kita dapat memeriksa bagaimana suatu halaman website itu dibangun, bahkan kita bisa mengubah tampilan seperti warna dan lain sebagainya sesuai dengan keinginan kita.

Biasanya, saya menggunakan Inspect Element ini untuk mengetahui suatu kode pada template blogger, seperti kode di footer atau header. Maklum lah kan mimin gapaham soal coding hehehe.

Cara Inspect Element

Penggunaan inspect element ini juga terbilang mudah, kalian cukup klik CTRL+SHIF+I atau jika kalian tidak ingin ribet, kalian bisa menekan F12 pada keyboard.

Selain itu, kalian juga bisa melakukan inspect element dengan cara klik kanan pada mouse dan pilih Inspeksi.

Cara Menonaktifkan Inspect Element di Blog

 

Berikut adalah cara disable atau menonaktifkan mode inspect element di blog dengan menggunakan JavaScript.

Pertama, buka dashboard Blogger lalu pilih Tema dan klik Edit HTML.

 

Kedua, Cari kode </Body> dan letakkan kode dibawah ini pas diatas kode tadi

<script type=’text/javascript’>
//<![CDATA[
// No Inspect Element
!function t(){try{!function t(n){1===(“”+n/n).length&&0!==n||function(){}.constructor(“debugger”)(),t(++n)}(0)}catch(n){setTimeout(t,5e3)}}();
//]]>
</script>

 

Kemudian klik Simpan.

Sekarang kalian bisa coba lihat hasilnya dengan cara klik CTRL+SHIFT+I.

Demikian Cara Menonaktifkan Inspect Element di Blog Menggunakan JavaScript. Semoga tutorial diatas bisa bermanfaat untuk kalian semua dan jika ada yang ingin ditanyakan, jangan lupa untuk berkomentar dibawah artikel ini.